Tak Mau Keputihan? Ini Dia Cara Mencegah Keputihan dengan Benar!

Miss V Keputihan, Gatal, Bau? Cegah dari Sekarang Juga Dengan Cara Mencegah Keputihan dengan Mudah dan Benar

cara-mencegah-keputihan

 

Cara mencegah keputihan. Keputihan merupakan masalah yang amat sering dikeluhkan oleh wanita. Sebagian wanita pernah mengalami keputihan, namun jangan salah, tidak semua keputihan bisa dikatakan suatu penyakit ya. Dalam kondisi normal pun kamu bisa mengalami keputihan lho ternyata.

Wah ternyata keputihan itu bisa terjadi bagi orang yang sehat maupun orang yang sakit ya, jadi perlu waspada nih ternyata. Nah, apa sih sebenarnya yang dikatakan keputihan tersebut? Keputihan merupakan keluarnya cairan dari liang kemaluan atau miss v.

Dalam ilmu kedokteran disebut dengan leucorrhoe atau fluor albulus. Meski namanya “KEPUTIHAN” tidak berarti cairan yang keluar selalu berwarna putih, tergantung penyebab dan penyakit yang menyertainya. Seringkali wanita mengeluh keputihan, tetapi hanya sedikit yang berusaha untuk mengobatinya. Padahal jika didiamkan saja, bisa menjadi masalah yang serius pada miss v nya.

Walau bukan penyakit, adanya keputihan bisa menandakan gejala suatu penyakit. Dilihat dari sifatnya, keputihan dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal (patologis). Pada keputihan normal, cairan yang keluar bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal, cairan keluar sedikit.

Sebaliknya, begitu pula dengan keputihan yang bersifat patologis (abnormal). Biasanya berwarna putih, kekuningan sampai kehijauan, kental, bau anyir, gatal atau terbakar disekitar vagina, jumlah banyak. Pada keputihan yang parah dan dibiarkan begitu lama dan tidak segera diobati bisa menyebabkan kemandulan.

Tidak hanya itu saja, keputihan yang tidak diobati bisa mengakibatkan infeksi, kemudian menyebar ke arah rongga rahim. Dan kemudian akan masuk kesaluran telur dan sampai ke indung telur hingga akhirnya ke dalam rongga panggul.

Banyak wanita yang mengalami keputihan kronis mengalami kemandulan, bahkan bisa menjadi gejala kanker serviks.

Penyebab Keputihan

Penyebab terjadinya keputihan sebenarnya ada banyak sekali penyebabnya. Untuk keputihan yang normal biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya. Keputihan ini biasanya pada wanita yang mengalami perubahan hormon pada saat kehamilan, masa subur, sesudah ovulasi dan penggunaan obat hormonal.

Untuk keputihan yang abnormal atau patologis biasanya kebanyakan karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Bakteri tersebut sejenis gonococcus (penyebab gonorrhea), chlamydia trichomatis, gardenella dan treponem pallidum (peyebab sifilis). Sedangkan jamur yang sering menginfeksi adalah sejenis trichomonas vaginalis.

Infeksi juga bisa disebabkan oleh virus candyloma acuminata dan herpes, infeksi ini biasanya terjadi karena perilaku hidup yang kurang sehat. Seperti mencuci vagina dengan air kotor, pemakaian pembilas vagina yang berlebihan, penyakit menular seksual. Kemudian bisa juga terjadi akibat pemeriksaan vagina yang tidak higienis, celana yang tidak menyerap keringat, penyakit ganas/tumor.

Selain itu juga, ada secara sengaja yang dimasukan kedalam iang vagina seperti tampon, obat, alat kontrasepsi, rambut kemaluan. Tidak hanya itu saja, keputihan bisa terjadi dikarenakan adanya sariawan pada mulut rahim atau erosi portio. Keputihan juga bisa terjadi lantaran menderita dalam jangka waktu yang lama, kurang gizi dan anemis.

cara-mencegah-keputihan

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Keputihan Agar Kita Lebih Sehat dan Bebas Dari Keputihan?

Menjaga organ intim wanita agar tidak lembap. Khususnya setelah buang air kecil atau buang air besar. Karena jamur atau bakteri sangat menyukai daerah lembab. Caranya dengan membilas vagina sampai bersih, dan keringkan sebelum memakai celana dalam.

1.Dalam memberisihkan vagina, harys diperhatikan cara membilasnya. Bilas air dari arah depan (vagina) ke belakang (anus). Ini untuk mencegah terbawanya kuman-kuman dari anus ke vagina, bila melakukan dari arah sebaliknya.

2. Jika diperlukan, pakailah cairan pembersih vagina

3. Pada saat menstruasi, ganti pembalit beberapa kali dalam sehari

4. Hindari pemakaian celana dalam yang ketat

Demikian cara mencegah keputihan dengan mudah dan aman. Jika masih ada informasi yang belum kamu dapatkan dari artikel ini, kamu bisa hubungi mbak salma/mbak nayla. Mbak salma : 08112993401/0816607401, : , Mbak nayla : 08112993402/0816607402.

Spread the word. Share this post!